Beranda | Artikel
Mengenal Tiga Landasan Utama
Jumat, 4 Maret 2016

Penulis Kitab

Kitab Ushul Tsalatsah (tiga landasan utama) ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Beliau bernama Muhammad bin Abdul Wahhab bin Sulaiman bin Ali at-Tamimi. Beliau dilahirkan pada tahun 1115 H dan wafat pada tahun 1206 H. Beliau berasal dari keturunan kabilah bani Tamim yang dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya mereka adalah orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap Dajjal sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari (no. 2543). Hal ini menunjukkan bahwa kabilah ini akan terus ada hingga masa munculnya Dajjal (lihat Kutub wa Rasa’il Abdil Muhsin, 5/39)

Dakwah Beliau

Dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah adalah tegak dan dibangun di atas sikap ittiba’/mengikuti al-Kitab dan as-Sunnah serta berjalan di atas manhaj pendahulu umat ini yaitu para sahabat radhiyallahu’anhum dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik. Beliau tidaklah datang membawa sesuatu yang baru dan menyelisihi jalan mereka. Oleh sebab itulah tidak semestinya dan tidaklah tepat apabila dakwah beliau dan orang-orang yang memetik faidah dari dakwahnya disebut sebagai kaum Wahhabiyah. Karena penisbatan kepada pribadi tertentu hanyalah dilakukan pada orang-orang yang mendatangkan sesuatu yang baru. Padahal beliau tidaklah membawa hal-hal yang baru. Sesungguhnya julukan Wahhabiyah hanya muncul dari orang-orang yang tidak diberi taufik untuk mengikuti jalan yang lurus ini demi membuat orang lari dari dakwah yang penuh berkah ini (lihat Kutub wa Rasa’il Abdil Muhsin, 5/40)

Seputar Kitab Ushul Tsalatsah

Syaikh Abdul Muhsin al-‘Abbad hafizhahullah mengatakan, “Ini adalah kitab yang sangat berharga. Tidak ada yang tidak membutuhkannya baik dari kalangan orang khusus maupun orang yang awam.  Hal itu disebabkan di dalam kitab ini terkandung penjelasan mengenai ketiga landasan utama ini beserta dalil-dalil atasnya.” (lihat Kutub wa Rasa’il Abdil Muhsin, 5/47-48)

Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh hafizhahullah berkata, “Di hadapan kita ada risalah Tsalatsatul Ushul wa Adillatuha. Ini adalah risalah yang sangat penting bagi setiap muslim. Adalah para ulama kita dahulu senantiasa memberikan perhatian kepadanya ketika pertama-tama menjelaskan kitab-kitab ilmu agama.” (lihat Syarh Tsalatsatul Ushul, hal. 8)

Tiga landasan utama yang disebutkan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah itu mencakup; mengenal Allah, mengenal Islam dengan dalil, dan mengenal Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketiga perkara inilah yang kelak akan ditanyakan kepada setiap insan apabila dia telah diletakkan di dalam kuburnya (lihat Syarh al-Ushul ats-Tsalatsah oleh Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi hafizhahullah, hal. 6)

Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi hafizhahullah berkata, “Ini adalah termasuk risalah paling pertama yang hendaknya dipelajari oleh seorang penimba ilmu, yaitu dalam hal ilmu yang berkaitan dengan aqidah.” (lihat Syarh al-Ushul ats-Tsalatsah, hal. 7)

Perhatian Para Ulama

Para ulama memiliki perhatian yang sangat besar terhadap risalah ini. Oleh sebab itulah kita jumpai sekian banyak penjelasan terhadapnya, baik berupa kitab maupun ceramah. Diantaranya yang kami ketahui -tanpa bermaksud membatasi- adalah :

Hasyiyah Tsalatsatul Ushul oleh Syaikh Abdurrahman bin Qasim rahimahullah
Syarh Tsalatsatul Ushul oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah
Syarh Tsalatsatul Ushul oleh Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh hafizhahullah
Syarh al-Ushul ats-Tsalatsah oleh Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi hafizhahullah
– Syarh al-Ushul ats Tsalatsah oleh Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah
Hushul al-Ma’mul bi Syarh Tsalatsatil Ushul oleh Syaikh Abdullah al-Fauzan hafizhahullah
– It-haful ‘Uqul bi Syarhi ats-Tsalatsah al-Ushul oleh Syaikh Ubaid al-Jabiri hafizhahullah
– Syarh Tsalatsatil Ushul oleh Syaikh Abdullah bin Ibrahim al-Qar’awi hafizhahullah
Syarh al-Ushul ats-Tsalatsah oleh Syaikh Abdurrahman al-Barrak hafizhahullah
Syarh Tsalatsatil Ushul oleh Syaikh Shalih bin Sa’ad as-Suhaimi hafizhahullah

Dan diantara rekaman audio syarah ulama yang ada pada kami adalah :

Syarah Ushul Tsalatsah oleh Syaikh Abdurrahman al-‘Adeni rahimahullah
Syarah Ushul Tsalatsah oleh Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh hafizhahullah
Ta’liq Ushul Tsalatsah oleh Syaikh Abdul Aziz ar-Rayyis hafizhahullah
Syarah Ushul Tsalatsah oleh Syaikh Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaili hafizhahullah
Syarah Ushul Tsalatsah oleh Syaikh Khalid al-Mushlih hafizhahullah
Syarah Ushul Tsalatsah oleh Syaikh Muhammad Sa’id Raslan hafizhahullah
Syarah Ushul Tsalatsah oleh Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah

Nasihat Penting

Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh hafizhahullah menekankan di dalam mukadimah syarahnya terhadap kitab Ushul Tsalatsah ini, bahwa risalah ini adalah berisi matan (teks pelajaran) yang ringkas. Karena sesungguhnya ilmu ini tidak bisa diraih hanya dengan sekali asupan. Akan tetapi ilmu ini akan bisa diraih seiring dengan proses belajar siang dan malam. Sebagaimana dikatakan oleh Imam az-Zuhri rahimahullah, “Barangsiapa yang menginginkan ilmu secara sekejap dalam jumlah besar maka niscaya ia akan lenyap secara cepat. Sesungguhnya ilmu itu akan diraih seiring dengan perjalanan siang dan malam.” Inilah cara yang benar. Ilmu akan bisa diperoleh dengan cara memulai dari perkara-perkara yang dasar sebelum masalah-masalah yang besar (lihat Syarh Tsalatsatil Ushul, hal. 8 tahqiq ‘Adil bin Muhammad Rifa’i)

Untuk membaca artikel lebih lengkap silahkan unduh di sini [tiga-landasan-1]

————

Info Kajian Jogja :

12799186_1088121921207926_7180332625480502423_n

——-

Donasi Pembangunan Masjid

Kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan masjid yang akan dijadikan sebagai pusat dakwah dan pembinaan mahasiswa dan masyarakat bisa menyalurkan donasi kepada panitia pendirian Graha al-Mubarok – Forum Studi Islam Mahasiswa – melalui rekening di bawah ini :

Bank Syariah Mandiri (BSM) no rek. 706 712 68 17
atas nama Windri Atmoko

Bagi yang sudah mengirimkan donasi mohon untuk mengirimkan konfirmasi kepada panitia di no :
0857 4262 4444 (sms/wa)

Dengan format konfirmasi sbb :
Nama, alamat, tanggal transfer, besar donasi, pembangunan masjid

Contoh : Farid, Jogja, 25 Maret 2016, 1 Juta, Pembangunan Masjid

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.
– Panitia Pendirian Graha al-Mubarok
– Forum Studi Islam Mahasiswa (FORSIM)
– Ma’had al-Mubarok

Alamat Sekretariat : Wisma al-Mubarok 1. Jl. Puntadewa, Ngebel RT 07 / RW 07 Tamantirto Kasihan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelah selatan kampus terpadu UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) – barat asrama putri (unires) UMY – selatan SD Ngebel.

E-mail : forsimstudi@gmail.com
Fanspage Facebook : Kajian Islam al-Mubarok
Website : www.al-mubarok.com

NB : Insya Allah dalam waktu dekat ini akan diurus proses perataan tanah wakaf dan hal-hal yang berkaitan dengan wakaf dan pembentukan yayasan yang akan mengelola masjid tersebut.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/mengenal-tiga-landasan-utama/